#Pertemuan Ke-1 Kuliah Perilaku Konsumen

ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN
logo ipb tosca

Ira Ukhtianingsih
Departemen Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Pertanian Bogor

Kuliah Perilaku Konsumen Sep 2014-Jan 2015
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Ir.MD Djamaludin, MSC
Ir. Retnaningsih, MS

Text Book:
Uajang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalilia Indonesia

perilaku konsumen

Kuliah pertama kali ini oleh Pak Ujang Sumarwaman yang saya pahami adalah bagaimana seorang konsumen dengan cerdas melakukan tindakan sebelum ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukannya hendaknya mengevaluasi tindakan tersebut.

Pada kuliah ini dilakukan analisis trend yang mempengaruhi perilaku konsumen dewasa ini. Pemakaian kacamata, behel, bulu mata, kosmetik pribadi buku, dan teknologi komunikasi seperti android, blackberry, dan smartphone mendasari mereka untuk digunakan sebagai keperluan pribadi hingga peralatan kantor dan jasa sebagai keperluan menjalankan kegiatan organisasi.

Dalam perspektif riset perilaku konsumen, seorang konsumen akan melakukan proses pengambilan keputusan rasional berdasarkan eksperiensial (pengalaman) dan behavioral. Ruang dimensi dan perilaku konsumen dicontohkan dalam anggaran empat perguruan tinggi besar seperti UI, ITB, UGM, dan IPB yang mencapai 80 % dari perguruan tinggi lainnya. Hal ini diharapkan agar output dari SDM akan menghasilkan pendapatan  GNP sebesar 870 milyar sehingga indonesia mendapat peringkat ke-17 dari 200. Itulah sebabnya Indonesia termasuk anggota G-20.

Manfaat dari studi ini agar perusahaan dapat memahami konsumen sehingga dapat mengambil keputusan dengan baik untuk mengeluarkan produk. Berkembangnya pasar dapat dianalisis oleh seorang peneliti sehingga pemerintah dapat mengatur regulasi produk peraturan perundangan yang melindungi konsumen. Hal ini membantu konsumen agar dapat mengambil keputusan yang adil dan meningkatkan pemahaman seorang konsumen untuk mengenal faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen agar dapat dianalisis sebagai landasan manajemen pemasaran. Perilaku konsumen ini dapat memegang peranan penting dalam pengembangan kebijakan publik.

Dalam pengambilan proses keputusan konsumen terdapat langkah-langkah mengambil keputusan untuk membeli produk. Pengenalan produk akan muncul ketika ada perbedaan antara keinginan dan yang sebenarnya terjadi. Pencarian informasi dibutuhkan ketika konsumen memandang kebutuhan tersebut dapat dipenuhi. Evaluasi alternatif dilakukan ketika membandingkan berbagai pilihan yang dapat memecahkan masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s