Sekilas tentang Pertanian

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan,bahan baku industri,atau sumber energi serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati sebagai budidaya  tanaman atau bercocok tanam. Pertanian hanya menyumbang 4 % dari mata pencaharian di seluruh dunia.

Sejarah Indonesia sejak masa kolonial tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan karena  memiliki arti penting dalam pembentukan berbagai realitas tatanan ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.  Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena hampir sebagian penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian. Namun jika dilihat dari PDB masih kecil bila ingin disebut negara agraris.

Semua usaha pertanian pada dasarnya adalah kegiatan ekonomi yang memerlukan ilmu-ilmu khusus dari pemilihan bibit, penanaman,pengolahan hingga pemasaran. Maka apabila seorang petani memandang semua aspek ini  dengan pertimbangan efisiensi untuk  mencapai keuntungan yg maksimal. Namun sayangnya tidak semua petani indonesia bisa mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Menurut BPS, sebenarnya Indonesia sangat mantap dalam membangun ketahanan pangan. Namun pemberitaan miring seperti tidak meratanya distribusi bahan pangan di seluruh indonesia. Terkait itu, pemerintah sudah membangun infrastruktur untuk mendukung pemerataan pangan. Padahal kenyataannya banyak hambatan untuk melaksanakan program ketahanan pangan.

Indonesia boleh berbangga karena kita meraih swasembada pangan di era Presiden Soeharto. Bahkan pada tahun 2010 Indonesia terpilih sebagai negara yang menyumbangkan sumbangsih pangan dalam program “Feed the World” dari FAO. Hal itu bukan semata-mata hanya sebagai gerakan dari pemerintah. Sebab setelah Indonesia mengalami krisis moneter pada 1998, pemerintah sudah melakukan reformasi di bidang pertanian. Dan program pengembangan serta kemajuan di bidang pertanian akan terus digalakan. Kita tidak mungkin menjadi negara yang mengandalkan sektor ekonomi dari Industri , Manufaktur dan Jasa. Maka dari itu kita harus maju sebagai negara agraris karena kondisi geografis Indonesia di lingkaran gunung berapi yang memberikan keuntungan akan kesuburan tanahnya.

Sumber: wikipedia dengan perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s