Menakjubkan (Wondering)

Gue udh diterima di institut pertanian bogor. Hmm, gak ada yang tahu. Inilah takdir gue. Memang semester lima di saat beratnya galau, setelah tahu makin hancur nilaiku. Aku berniat masuk ipb, tapi itu sekilas.
Saat semester enam, aku bertaruh untuk suatu tantangan 
bahwa masuk univ kaya tahunnya sebelumnya kan dri UM. 
Walau banyak biaya yang harus dikeluarkan 
dengan mendaftar kesana-sini.
 Tapi, peraturan pemerintah berubah semua dikelola pemerintah yang menghendaki
 jalur pmdk harus dalam SNMPTN undangan.
Pilihannya bisa 2 ptn. Nah, gue milih UGM dan IPB. Ehm, sekilas aneh gak ya (?) UGM? Napa gue milih..

This’s the reason why..

Gue semenjak SD ditawari sekolah di Yogya. Gue maunya di kota yogya.

Gue terpesona sama kota Yogya.

Orang Yogya budayanya masih terjaga. Jalan-jalan di kota yogya menarik ada grafiti dan aksara jawa serta lampu kota yang percampuran budaya jawa dan kolonial.

Yogya, kota pelajar dan kota pendidikan.

Wong Yogya itu pekerja keras dan orangnya punya ‘totokromo’

Om gue lulusan S1 teknik nuklir ugm.

Tante gue lulusan S1 sastra jerman, malah dh pernah ke Hamburg. S2 sastra inggris.

Kan gue IPA, yaah lebih cenderung ke teknik ugm.

Kalo gue ke IPS itu sangat menantang gue belum ada persiapan. Cuma gue suka pelajaran ekonomi dan sejarah.

IPA yaa suka semuanya, Cuma ada kegandrungan. 
Kaya anak SMA yg lain dah. MaFi (matematika dan fisika)
Gue lebih suka fisika, gue tuh rada2 takut sama mtk. 
Ih dia kan maminya semua pelajaran. 
Tapi sekarang, mami udh baik sama gue. 
Yaa.. Gue berpikir mami tuh asik. Hahaha…

BioKimia..

Bisa suka, bisa gak. Kimia kalo udh ngitung asik.
Bio yg asik ntu pelajari hewan dan tumbuhan. Mereka unik. Subhanallah, ciptaan Allah smpai sedetail itu.

IPB…

Gue pikir institut sama universitas itu bedanya kan di pengembangannya. Institut biasanya sangat mendukung penelitian, basisnya riset penelitian. Walau univ juga punya.
This’s why the reason…
Researching… calm institute
So dekat dari kota depok.. Eh kota depok kota pendidikan
Bogor  tegar beriman..
Presiden SBY dapat gelar doktor Dies Natalis dari IPB.
My mom.. (bingung kalo gue di yogya nti gmn)
Bogor dulunya tempat risetnya Sir Thomas Stanford Raffles.
Sekarang masih ada riset, kok.
Tawakal..tawakal..
Oh My Lord, Allaah.
I believe power of you. You're my creator and you're wisdom. 
I enslave for you because I need your direction.
You had ar'asy (highest place). 
To have know about you, I just see your creation of the universe.
 I feel depth of ocean and highest peak of mountain. 
I eager desire to touch the sky and reach the star.
I get the result SNMPTN Undangan

‘Selamat, Anda lulus seleksi di Fisika-Institut Pertanian Bogor’

Pilihan PTN ke-2 dan pilihan jurusan ke-3

Perasaanku campur aduk sampai gak bisa tidur.

Senang, huft wondering… orang-orang pada berharap dapat. Gue malah pasrah, kalo gak dapat hayo tulis. Gue tahu nilai TO gue ambruk. Hehehe..

Sekadar curhat nh, gue mau milih UGM. Hehe… tetap pilihan pertama Teknik
Inilah takdir gue yang terjun ke MIPA.

Hari demi hari berlalu, gue sadar  ini adalah kehendak-Nya.

Di IPB sendiri fisika ada tiga bidang khusus
    1. Fisika teoritis
    2. Biofisika (udh  termasuk nanoteknologi lhoh!)
    3. Fisika terapan (bidang energi sama komputasi)
Masih bisa pecah lagi sih nh KK. Fisika itu ada IT lhoh! 
Serius dh kalo pngn banget masuk komputer inilah
 jurusan yang menyusupkan IT selain yang lo kenal kaya
 UI (Fasilkom) dan ITB (STEI).
Indonesia tuh masih amatir tentang bidang khusus IT ini. Tapi, kita akui orang indonesia hebat bisa buat program sampai dapat lisensi dari Microsoft.

Ohy, gue lebih setuju kalo Fakultas MIPA IPB jadi Fakultas Matematika dan Sains Komputer. Cuma gue agak aneh liat perguruan tinggi Amerika Serikat ada Faculty of Arts and Science. (Maaf, gue masih belajar untuk mengerti tentang perbedaan fakultas ini)

Gue belum ngerasain TPB ala IPB nh. Katanya sih ada yang bilang kok sama kaya ITB. Gue jawab, wong sama2 institut. Di Amerika sendiri kolaborasi universitas kaya MIT-Harvard juga gak ada masalah.

Saran gue tentang peringkat universitas itu sih begini nh. Gue kutip dari sistem PT Jepang. Perguruan Tinggi itu sama saja kurikulumnya, yang berbeda lingkungan dan budaya yang ada di masing-masing PT. Kalo lo milih PT yaaa.. harus berdasarkan keyakinan PT yang lo masuki adalah tempat nostalgia seketika lo jadi Orang Sukses. Gak usah mikirin gengsi, soalnya PT emang harus bisa mendidik orang- orang yang spesial dalam bidang keahlian dan menjadi pekerja profesional.

Cukup sekian kesan gue tentang SNMPTN 2011. Buat yang menghadapi SNMPTN 2012, lo harus belajar dari sekarang. Serius tapi santai, nikmati setiap pengalaman belajar berdasarkan ‘learning by doing’

Semangat ya! 🙂

3 responses to “Menakjubkan (Wondering)

  1. It’s yo maaaan.. hahaha

    ada topik IT tuh..

    Tentang Fasilkom UI & STEI ITB.. ahaaa 😥 kalo teringat itu gue jadi agak sedih.. karena itu dambaan gue.. tapi disisi lain gue harus bangga karena ternyata saingan bidikmisi PNJ banyak -___-“”

    • fisika ada IT kakak. Kan numpang nama kerennya UI dan ITB. Pdhl, orgnya biasa2 aja. kan kaya pelatih kita dari ITB,yang dewa nan bersahaja kan juga ada.
      Semangat udh dapat beasiswanya kan! So, nikmati aja dg bersyukur. Hehe

Leave a comment