Air merupakan sumber kehidupan

Mentari elok di ufuk timur sana. Saatnya menatap hari yang akan dilakukan. Sesudah bangun tidur, minum air putih untuk memelihara kesehatan tubuh. Sesudahnya lagi ya silahkan anda sebutkan aktivitas yang biasa anda lakukan setiap hari.

Air memiliki peranan penting sebagai homeostatis (penyangga kestabilan tubuh). Kualitas air dari hari ke hari makin menurun. Pencemaran air yang makin parah diakibatkan buangan limbah dari aktivitas manusia.

==continue==


Ira akan membagi sedikit hasil karya tulis tim sekolah untuk hari air. Konsepnya sederhana sekali, bahkan jikalau ditelusuri hampir sama teknologi pengolahan air yang telah dihasilkan salah satu PTN terkemuka negeri ini. Saya persempit hanya penjernihan air. Maklumlah, masih SMA. Sebenarnya sih latar belakangnya yaitu:

Sekitar 2/3 bagian dari permukaan bumi adalah air. Hampir 80% tubuh manusia mengandung air. Tidak dapat dipungkiri, air sangat mendominasi unsur kehidupan di dunia.

Sayangnya, 97% air di dunia tidak layak untuk dikonsumsi karena asin. Sementara, sebanyak 2%  dari air tawar tersimpan dalam salju dan es di kutub utara dan kutub selatan. Hanya 1% sisanya yang dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup. Secara nyata makhluk hidup kekurangan air.

Karena keprihatinan tersebutlah yang membuat kami mencoba mencari alternatif teknologi sederhana untuk mempergunakan kembali limbah air yang relatif masih bisa digunakan. Hal ini didasari pada pemikiran bahwa air bersih yang tersedia di bumi sangat sedikit. Tiada kehidupan tanpa air bersih!

Di sekolah saya itu karakteristiknya di tanah yang miring. Mungkin ini sedikit prinsip pemanfaatan ekologi lingkungan (ya ampun bahasaku). Saya masih terus mencari data-data yang tim saya karyakan. Maklum, masih tercecer.

Saya upload nih sewaktu pembuatan karya ilmiah bersama pembimbing tercinta😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s